Empat hal untuk dicamkan dalam kehidupan;
(1) Berfikir jernih tanpa bergegas atau bingung, (2) Mencintai orang dengan tulus, (3) Bertindak dalam segala hal dengan motif termulia, (4) Percaya kepada Tuhan tanpa ragu sedikitpun (Helen Keller).

19 November 2011

Manfaat Lesitin Bagi Tubuh Manusia

Lecithine atau yang biasa kita dengar (sebut) sebagai lesitin merupakan salah satu keluarga lemak yang memiliki gugus fosfat dan terdapat sebagai kandungan tertinggi yang terdapat di dalam jaringan tubuh manusia, termasuk sobat tentunya. Jangan khawatir sob, zat lemak yang satu ini sangat besar manfaatnya bagi tubuh manusia dan tentunya tidak membahayakan.

Di dalam tubuh, zat lesitin menempati suatu bagian yang paling penting dalam pembentukan jaringan saraf. Itulah sebabnya keberadaan lesitin ini di dalam jaringan saraf sangat diperlukan karena merupakan nutrisi yang paling utama dari sel-sel saraf.

Kebutuhan zat lesitin di dalam tubuh kita hanya menempati 1% dari berat tubuh manusia, hampir sama dengan kebutuhan zat kalsium bagi tubuh (selain jaringan keras seperti tulang, kuku, gigi). Meskipun hanya sebesar 1% akan tetapi keberadaannya sangat vital (dan harus ada). Sedangkan menempati 30% dari berat otak manusia di dalam otak besar (sereberum).

Dari perbandingan persentase di atas, kira-kira sobat tau gak "Berapa persenkah porsi kebutuhan lesitin di dalam sel otak manusia ???

Berdasarkan beberapa penelitian yang sumbernya tidak terlalu jelas, disebutkan bahwa zat lesitin di dalam sel otak manusia porsinya mencapai 70% bahkan sampai 80% dari berat sel. Wahhh...cukup besar juga ya persentasenya ?! Secara gitu...namanya juga nutrisi utama sel otak.

Berikut ini beberapa manfaat lesitin bagi tubuh manusia :
  1. Pembentuk (penyusun) membran sel tubuh manusia. Membran sel inilah yang berfungsi sebagai pelindung sel yang mengatur keluar masuknya nutrisi ke sel dan berperan juga sebagai pengantar impuls (pesan) antar sel di dalam tubuh.
  2. Menjamin kesehatan dan fungsi normal membran sel otak besar.
  3. Meningkatkan kecepatan penyampaian pesan dari otak sehingga manusia mampu untuk berpikir dengan cepat dan cekatan sehingga bereaksi dengan cepat pula.
  4. Mampu meningkatkan daya ingat.
  5. Bersifat sebagai emulglator (pengemulsi = pengencer) kolesterol dan lemak jahat di dalam pembuluh darah.
  6. Mencegah terjadinya pengendapan lemak dan kolesterol di dalam pembuluh darah.
  7. Mampu memperbaiki dan mencegah pengerasan pembuluh darah, hipertensi, penyakit jantung, stroke dan dimensia.
  8. Melindungi kesehatan organ lain seperti liver.
  9. Meningkatkan regenerasi sel-sel liver
  10. Dapat menguraikan toksin (detoksifikasi) di dalam tubuh secara alami.
  11. Meningkatkan fungsi hemoglobin.
  12. Memberikan zat air dan oksigen yang memadai bagi kulit sehingga kulit menjadi sehat, lembut, dan bercahaya.
Semoga ulasan singkat tentang manfaat lesitin bagi tubuh manusia di atas bermanfaat bagi kita semua dengan tujuan berbagi info sehat dan ilmu pengetahuan.

(Sumber : Majalah kesehatan)


5 comments:

  1. Wahh info bagus sist..
    Mau tanya zat lesitin ini biasanya kta temukan dmn? Dari makanan apa misalnya..?

    ReplyDelete
  2. @Kallu Juzan

    Lesitin dapat kita jumpai dalam bahan2 makanan biji2an seperti kedelai dan berbagai jenis kacang2an (kacang tanah, kacang panjang), berbagai jenis daging, telur, ikan, gandum dll. Selain berasal dari bahan2 yg saya sebutkan tersebut, kadungan lesitin juga dapat kita jumpai dari berbagai makanan olahan dari bahan2 makanan yg mengandung lesitin tersebut seperti tahu ataupun tempe, dll.

    Untuk makanan kemasan biasanya kita bisa melihat kandungan makanan kemasan tersebut di belakang kemasan, apakah mengandung lesitin atau tidak.

    Trims gan Kallu atas tongkrongannya...

    ReplyDelete
  3. Makasi tas jawabanya sist..
    Mulei skrg saya bisa sedikit memperhatikan kesehatan, dimulai dari sisi zat lesitin ini..Thanks yah.

    ReplyDelete
  4. info bagus ini buk, sukses selalu ya

    ReplyDelete
  5. Thanks infonya. Sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete

Kita jalin silaturrahmi dan persahabatan dengan mengisi kotak komentar meskipun sepatah dua patah kata...!!!