Empat hal untuk dicamkan dalam kehidupan;
(1) Berfikir jernih tanpa bergegas atau bingung, (2) Mencintai orang dengan tulus, (3) Bertindak dalam segala hal dengan motif termulia, (4) Percaya kepada Tuhan tanpa ragu sedikitpun (Helen Keller).

24 November 2011

Tips Menjaga Kerahasiaan Data di HP

Saat sekarang ini HP (handphone) bukanlah barang lux, bahkan kini beralih menjadi barang primer. Ini menandakan bahwa keberadaannya merupakan hal yang sangat penting dan teramat sangat penting bagi saya pribadi. Mudah-mudahan kita sependapat ya sob ?! (Narsis euyy...!!!)

Berikut ini beberapa hal penting yang gak ada salahnya sobat kudu lakukan sebagai upaya menjaga kerahasiaan data di HP sobat. Kudu disimak baik-baik yeach...?!

Pertama. Sobat sebaiknya segera mematikan bluetooth HP sobat setelah sobat selesai mengirim data atau mentransfer data via bluetooth. Kondisi bluetooth yang selalu aktif (tanpa dimatikan setelah selesai digunakan) dapat berakibat vatal, seperti masuknya data-data mencurigakan seperti file virus yang tanpa sobat sadari dapat masuk ke system HP sobat dan menggerogoti data-data penting yang ada di dalamnya. Mending kalau HP sobat dilindungi oleh anti virus, ya bisa dibilang enggak apa-apalah karena sudah ada pengamannya (anti virus). Selain itu, bluetooth yang hidup terus menerus juga dapat menghabiskan daya baterai HP.

Kedua. Mulailah dari sekarang sobat membiasakan untuk memback-up data-data yang ada di HP sobat ke dalam media penyimpanan yang lain. Hal ini sobat lakukan apabila sewaktu-waktu sobat mengalami kejadian buruk seperti kehilangan HP (dicuri, dijambret ataupun jatuh di jalan). (Bukannya saya mendo'akan yang buruk tapi siapa tahu sobat mengalami kejadian kayak gini. Tapi mudah-mudahan hal ini tidak terjadi pada sobat semua. Amiiiiin ya rabbal aalamiin).
Don't worry be happy...!!! Sobat masih tetap dapat tersenyum lebar karena dengan adanya back-up data tersebut, sobat khan masih ada salinannya.

Ketiga. Sobat jangan lupa mencabut memory card ponsel sobat tat kala suatu waktu sobat membawa HP sobat ke tempat service. Dengan mengamankan memory card tersebut berarti sobat sudah melakukan hal yang benar dan tepat dalam menjaga kerahasiaan data di HP sobat. 

Keempat. Ketika suatu saat sobat mempunyai keinginan untuk menjual HP, ada baiknya sobat periksa dulu semua data-data yang mungkin saja tertinggal di dalamnya, baik itu pada memory card maupun memory HP sobat. Ini demi keamanan dan kenyamanan sobat lho. Atau sobat juga bisa memformat memory card sobat agar data-data yang ada di dalamnya tidak dapat dipulihkan lagi. Kan sobat sudah ada back-upnya. So, tidak ada kekhawatiran lagi khan ?! karena datanya sobat sudah aman kok.

Kelima. Untuk menjaga tangan usil ketika HP sobat dipinjem oleh teman sobat, sebaiknya sobat pindahkan semua file/data penting sobat ke dalam sebuah folder khusus yang tidak dapat dibuka oleh teman sobat tersebut karena folder tersebut sobat lock sebelumnya. Jadi, data-datanya tetep aman.

Semoga tips menjaga kerahasiaan data di HP ini bermanfaat untuk semua.


3 comments:

  1. yup, penting bgt ini mbak... jd ada pencerahan setelah baca ini. nice share...recommended !!

    ReplyDelete
  2. Bagaimana nge-lock folder di hp Mbak?

    ReplyDelete

Kita jalin silaturrahmi dan persahabatan dengan mengisi kotak komentar meskipun sepatah dua patah kata...!!!