Empat hal untuk dicamkan dalam kehidupan;
(1) Berfikir jernih tanpa bergegas atau bingung, (2) Mencintai orang dengan tulus, (3) Bertindak dalam segala hal dengan motif termulia, (4) Percaya kepada Tuhan tanpa ragu sedikitpun (Helen Keller).

25 November 2011

Cara Merawat HP yang Baik dan Benar

Masih seputar HP (handphone) ne sob, namun kali ini saya akan berbagi kepada sobat bagaimana cara merawat HP yang baik dan benar. Saya yakin hal ini sangat penting untuk sobat ketahui. Emang sih kelihatannya sepele banget, dan meskipun kita mengetahuinya kadang-kadang kita tak menghiraukannya.

Langsung aja ya...?!
  1. Hal paling utama dan terpenting cara merawat HP yang benar adalah dengan mengikuti semua petunjuk atau yang disarankan dalam buku petunjuk/pedoman penggunaan HP beserta perangkatnya.
  2. Mengisi daya baterai HP ketika bar control baterai menunjukkan dua bar dan diisi sampai penuh. Mencharger baterai (HP) yang terlalu sering bahkan dapat memperpendek usia baterai (cepat low bat).
  3. Pada saat baterai (HP) di charge sebaiknya HP dalam kondisi off.
  4. Sobat aktifkan kode akses HP, baik itu pada HP tersebut maupun pada memory cardnya untuk menjaga penggunaan oleh orang yang tidak berhak.
  5. Sobat jangan lupa untuk mengunci keypad HP sobat untuk mencegah pemakaian yang tidak sengaja.
  6. Mencatat nomor IMEI.
    Nomor IMEI biasanya dapat sobat temukan di bagian belakang HP, berfungsi untuk mengautentifikasi HP sobat apabila suatu waktu sobat mengalami kejadian yang tak diinginkan seperti HP hilang, dicuri ataupun dijambret. Yang ini juga sangat penting sobat lakukan.
  7. Mencatat nomor PIN maupun PIN Code HP sobat juga penting lho.
  8. Pergunakan lap yang bersih ketika sobat membersihkan HP sobat. Jangan sekali-kali membersihkan HP sobat dengan menggunakan bahan kimia (baik yang berupa liquid, cairan maupun zat kimia yang sudah dilarutkan) karena hal ini sangat tidak disarankan kecuali oleh tukang service yang sudah ahli.
  9. Memberikan pengaman (sarung HP) seperti kondom HP. Hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan ketika suatu waktu HP sobat terjatuh tanpa sengaja (gak ada kali ya yang sengaja ngejatuhin HPnya, kalau pun ada, udah sinting kali tu orang ya...?!). Bingung soal pengaman in ?! Jangan khawatir, kan sudah banyak atuh dijual di outlet-outlet HP terdekat, sobat tinggal pilih sesuai dengan tipe HP sobat.
  10. Kaitannya dengan pengaman HP, sebaiknya sobat memberikan tempat khusus untuk HP sobat seperti tas khusus HP misalnya. Biasanya sih sobat cewek/remaja putri ataupun ibu-ibu saya yakin rata-rata menggunakan cara yang satu ini. Pengaman tas seperti dompet/tas HP sepertinya gak cocok ya untuk sobat cowok/remaja putra atau bapak-bapak, tapi kan ada tempat HP yang bisa disematkan di ikat pinggang. Udah simple dan kelihatannya lebih elegan dikenakan.
  11. Menonaktifkan HP di tempat yang dilarang misalnya apabila sobat dalam keadaan bepergian dengan pesawat terbang, di dekat perangkat/alat-alat medis implan seperti alat pacu jantung dll., bahan bakar dan bahan-bahan zat kimia maupun di kawasan yang berpotensi ledakan.
  12. Sobat gunakan aksesori dan baterai yang disetujui berdasarkan jenis HP yang sobat pakai, disarankan mempergunakan aksesoris yang kompatibel (sesuai dengan tip HP).
  13. Hindarkan menaruh HP di tempat yang memiliki radiasi dan medan magnet yang cukup tinggi, misalnya di sekitar tower SUTET ataupun di dekat tower provider tertentu karena dapat meningkatkan bahaya radiasi.
  14. Dalam hal menaruh atau menyimpan HP, ada beberapa hal yang kudu sobat perhatikan.
    HP merupakan perangkat TIK yang dirancang tidak kedap air. Jadi, simpan atau taruh HP sobat di tempat yang tidak berair (kering), jangan sekali-kali sobat menyimpan atau menaruh HP ditempat yang berair dan lembab karena air tersebut bisa jadi akan masuk ke HP sobat dan mengganggu sistem yang ada di dalamnya. Selain itu, sobat juga hindari menaruh atau menyimpan HP sobat di tempat yang berdebu dan kotor, di tempat dengan suhu yang ekstrim yang melebihi suhu kamar (ekstrim panas atau ekstrim dingin).
  15. Sedapat mungkin sobat menghindarkan HP dari terjatuh, terbentur ataupun teguncang secara disengaja. Penanganan yang kasar dapat mematahkan panel-panel kecil yang terdapat di dalamnya.
  16. Hal penting yang juga tidak boleh diabaikan adalah menghindarkan HP dari jangkauan "anak-anak" karena HP bukanlah mainan anak-anak.

Semoga tips cara merawat HP yang baik dan benar di atas bermanfaat untuk sobat. Apabila ada hal-hal yang terasa masih kurang, sobat bisa share juga disini. Saya tunggu ya kontak baliknya...!!!

(Sumber: dari berbagai sumber).

No comments:

Post a Comment

Kita jalin silaturrahmi dan persahabatan dengan mengisi kotak komentar meskipun sepatah dua patah kata...!!!