Empat hal untuk dicamkan dalam kehidupan;
(1) Berfikir jernih tanpa bergegas atau bingung, (2) Mencintai orang dengan tulus, (3) Bertindak dalam segala hal dengan motif termulia, (4) Percaya kepada Tuhan tanpa ragu sedikitpun (Helen Keller).

02 February 2011

Ramuan Ajaib agar Warna Batik Awet & Tidak Luntur




Batik merupakan kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia karena batik dapat mencerminkan kebudayaan bangsa kita. Batik adalah kerajinan yang memilik nilai seni tinggi dan merupakan salah satu warisan nenek moyang yang harus dilestarikan dan tetap dipertahankan..


Berdasarkan Wikipedia bahasa Indonesia, secara etimologi, kata batik berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa Jawa yaitu "amba" yang artinya "menulis" dan kata "titik" yang berarti "titik".

Akan tetapi yang ingin saya bahas dalam artikel kali ini adalah bagaimana cara atau tata cara perlakuan awal yang kita lakukan pada batik, agar warna kain batik tersebut bisa awet dan tidak luntur dalam jangka waktu yang relatif lama. Untuk kepentingan itulah saya ingin berbagi resep ramuan ajaib dengan sobat semua. Sayang banget kan,,,kalo baju batik kesayangan  sobat warnanya cepat pudar dah sudah tidak menarik lagi.
Tapi untuk diingat,,,perlakuan ini sebaiknya dilakukan pada kain batik yang masih baru alias baru dibeli dan belum dipakai sama sekali supaya hasilnya lebih bagus dan lebih awet tentunya.

Jadi..langsung aja ya...

Batik yang masih baru jangan langsung dicuci akan tetapi direndam terlebih dahulu dengan "ramuan ajaib" yang bisa sobat buat sendiri. Bahan-bahannya pun dapat dengan mudah kita peroleh di sekitar kita dan harganya yang relatif sangat sangat sangat dan sangat murah sekali.

Adapun bahan yang diperlukan, cara membuat maupun menggunakan ramuan ajaib tersebut, sobat bisa klik tombol "Open" pada spoiler di bawah ini:


Spoiler:

Bahan dan Tata Cara Membuat Ramuan Ajaib

Bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan ajaib tersebut adalah 3 sendok makan garam dan 1 liter air bersih sebagai pelarutnya.

Cara menggunakan ramuan ajaib

Ambillah kain batik yang akan diperlakukan kemudian basahi terlebih dahulu dengan air bersih. Setelah itu, rendam kain batik basah tersebut ke dalam ramuan ajaib selama kurang lebih 2 jam lamanya. Setelah itu, kain batik diangkat dan sudah bisa sobat cuci dengan menggunakan sabun atau deterjent seperti layaknya mencuci pakaian seperti biasanya. Kain batik yang suah dicuci tersebut kemudian dijemur atau diangin-anginkan di tempat yang teduh. Diusahakan pada saat proses menjemur jangan sampai kain batik terkena paparan angsung sinar matahari.



Dengan mempraktikkan ramuan ajaib tersebut pada kain batik sobat, insyaallah kain batik kesayangan sobat dapat awet dan tidak akan luntur dalam waktu yang relatif lama meskipun telah dicuci berulang kali..
Mudah-mudahan tips yang saya bagikan ini dapat bermanfaat.
Selamat mencoba.

4 comments:

  1. makasiiiiihhh gaaannn tipsnya.... bermanfaat banget... saya mau coba nanti dirumah... ^_^b

    ReplyDelete
  2. airnya tidak perlu dimasak dulu ya mbak atau dalam suhu panas? airnya yg suhunya normal aja ? jawab kesini ya mbak ajengrayung@gmail.com makasiiihhh mbaaaakkkk

    ReplyDelete
  3. Boleh dicoba juga ne cara.., thx ya Bu... Ats infonya... :-)

    ReplyDelete

Kita jalin silaturrahmi dan persahabatan dengan mengisi kotak komentar meskipun sepatah dua patah kata...!!!