Empat hal untuk dicamkan dalam kehidupan;
(1) Berfikir jernih tanpa bergegas atau bingung, (2) Mencintai orang dengan tulus, (3) Bertindak dalam segala hal dengan motif termulia, (4) Percaya kepada Tuhan tanpa ragu sedikitpun (Helen Keller).

26 November 2011

Memperkecil Resiko Terkena Radiasi HP

Handphone atau yang lazimnya disingkat HP pada era sekarang ini merupakan barang vital dan rata-rata semua orang di belahan bumi ini menggunakan alat canggih ini untuk berkomunikasi. Banyak sekali manfaat positif yang bisa kita rasakan dari barang kecil persegi tersebut (HP), seperti memperlancar komunikasi antar kerabat, antar teman, antar relasi bisnis, dll. Namun dari sekian banyak manfaat positif yang tidak dapat saya sebutkan secara terperinci disini, juga terdapat dampak negatif penggunaan HP dari segi kesehatan.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan permintaan HP yang semakin membludak, para pelaku bisnis di bidang komunikasi memanfaatkan momentum ini sebagai objek bisnis, tak terkecuali perusahaan provider. Entah provider yang mana pun itu, masing-masing mengeluarkan berbagai jurus jitunya demi persaingan bisnis yang sehat dan ketat. Paket nelpon gratis, nelpon gratis setelah sekian pulsa dipakai, paket SMS gratis, SMS gratis setelah sekian kali SMS, dan masih banyak lagi paket-paket menarik lainnya. Pengguna semakin manja dibuatnya.

Sobat simak lebih lanjut ya paparan saya ini.

Hmmmm...kata semakin manja mungkin perlu digaris bawahi ya. Saya ulangi  lagi mengetik kata tersebut dengan garis bawah "semakin manja". Akibatnya penggunaan HP semakin intens, kemana pun HP selalu menyertai. Mari kita tengok sekilas...!!!

Penggunaan handphone yang relatif lama dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Meskipun belum ada penelitian yang sah mengenai dampak buruk tersebut, akan tetapi saya yakin sobat sering mengalaminya. Tangan terasa keram dan rada kesemutan, badan terasa lemes disertai dengan sakit kepala yang tiba-tiba adalah hal nyata yang kerap kali kita alami ketika berlama-lama menggunakan handphone. Ya, tanpa sobat sadari bahwa sobat sedang terkena radiasi HP dari pancaran gelombang elektromagnetik yang bersumber dari HP tersebut.

"Preventing is better than cur" atau yang kira-kira artinya seperti ini ne "mencegah lebih baik dari pada mengobati". Begitulah kata-kata kebanyakan orang bijak di sekitar kita. Sobat setuju dong dengan kalimat bijak tersebut.

Maka dari itu, saya akan berbagi hal-hal yang dapat sobat lakukan untuk memperkecil resiko terkena radiasi HP sebagai berikut.
  • Pada saat melakukan panggilan (dialling call) atau pun menerima panggilan (receiving call) sebaiknya sobat menggunakan alat bantu dengar berupa headset atau ear phone. Jika memungkinkan dan gak mengganggu orang lain di sekitar, sebaiknya sobat menggunakan speaker saja.

  • Sebaiknya sobat mengurangi berbicara di HP karena radiasi akan terpancar lebih kuat ketika sobat sedang berbicara. Jadi mulai dari sekarang sebaiknya sobat lebih banyak mendengar lawan bicara, dan berbicara seperlunya saja.

  • Dalam berkomunikasi sebaiknya sobat lebih memperbanyak menggunakan pesan singkat (SMS) dibandingkan dengan berbicara langsung (melakukan panggilan atau pun menerima panggilan) karena resiko radiasi pada saat mengetik maupun mengirim SMS lebih kecil dibandingkan dengan berbicara langsung. Selain itu, dengan menggunakan pesan singkat (SMS) tersebut berarti sobat telah bersikap benar menjauhkan HP dari kepala sobat.

  • Bagian-bagian tubuh yang lebih cepat menyerap radiasi antara lain: kepala (otak), telinga, dada, pinggang, dan perut. Maka dari itu, sobat harus mengupayakan menjauhkan HP dari bagian-bagian vital tersebut. Caranya??? Ya dengan cara menggunakan hardware tambahan berupa headset tesebut. Ada di tips pertama lho. Itu tuh yang paling atas...!!!

  • Pada saat HP sobat kekurangan signal atau tidak ada signal, sebaiknya sobat segera menonaktifkan HP. Dalam kondisi yang seperti ini HP akan berusaha lebih keras untuk mendapatkan signal dengan mencari tower (menara pemancar) yang telah dipasang di tempat-tempat tertentu sesuai dengan provider yang sobat pakai. Lagi pula, ketika HP berusaha mencari signal tersebut terlalu lama hanya akan menghabiskan daya baterai HP sobat.
Semoga tips memperkecil resiko terkena radiasi HP bermanfaat untuk sobat.

No comments:

Post a Comment

Kita jalin silaturrahmi dan persahabatan dengan mengisi kotak komentar meskipun sepatah dua patah kata...!!!