Empat hal untuk dicamkan dalam kehidupan;
(1) Berfikir jernih tanpa bergegas atau bingung, (2) Mencintai orang dengan tulus, (3) Bertindak dalam segala hal dengan motif termulia, (4) Percaya kepada Tuhan tanpa ragu sedikitpun (Helen Keller).

20 January 2011

Diet Kulit Sehat & Cantik




Smart face.jpg
Kulit sehat, halus dan cantik bukan saja dapat dimiliki oleh orang yang berkulit putih saja. Semua  orang memiliki kesempatan yang sama untuk itu. Orang yang mempunyai kulit  sehat pastilah orang yang cantik pula (plus tanpa jerawat).


Untuk mendapatkan kondisi kulit yang diidam-idamkan tersebut, ada kaitannya dengan terpenuhinya asupan nutrisi yang tepat.  Jika nutrisi kulit kurang terpenuhi, maka kulit akan memproduksi sebum (minyak alamiah kulit) secara berlebihan sehingga dapat menyumbat pori-pori kulit, mengurangi kemampuan penyembuhan kulit (apabila luka atau iritasi), dan yang terpenting dalam hal melawan bakteri.

Makanan Anti Jerawat

Di bawah ini akan diuraikan beberapa jenis makanan (vitamin dan mineral) yang dapat mencegah maupun mengobati  jerawat, yaitu:
  • Multivitamin
    Kekurangan berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E dapat menyebabkan timbulnya jerawat karena vitamin tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh. Kekurangan vitamin dalam diet makanan yang kita konsumsi dapat kita tanggulangi dengan mengkonsumsi vitamin (suplemen) yang banyak dijual dipasaran. Akan tetapi, kelebihan mengkonsumsi vitamin juga dapat berakibat toksik bagi tubuh. Jadi harus dengan saran dokter atau sesuai petunjuk penggunaan yang dapat dilihat pada kemasan.
  • Chromium
    Selain sebagai obat pelangsing, chromium juga dapat berfungsi sebagai zat penyembuh infeksi, dapat menyembuhkan jerawat dengan cepat dan mencegah jerawat tumbuh lagi.
  • Wortel dan buah yang berwarna kuning
    Wortel dan buah-buahan yang berwrna kuning mengandung betakaroten; mengandung vitamin A yang dapat berfungsi sebagai antioksidan yang sangat diperlukan untuk membersihkan toksin. Kekurangan vitamin A dapat memicu timbulnya jerawat.
  • Zinc
    Zinc berfungsi untuk produksi kolagen, mencegah radiasi UV, meratakan pigmentasi kulit, menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung, mempercepat proses penyembuhan disaat kulit rusak, dan membantu mengatasi infeksi. Di dalam tubuh, Zinc juga daat berfungsi mempertahankan kadar vitamin E. Kekurangan zinc dalam tubuh dapat menyebabkan jerawat.
  • Retinoid
    Retinoid merupakan derivat (turunan) dari vitamin A, dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dan penyakit kulit lainnya.
  • Asam Lemak Omega-3
    Asam lemak omega-3 dapat diperoleh dai minyak ikan, dapat juga dengan meminum 2 sendok makan minyak flaxseed sehari dapat memberikan dosis omega-3 dapat mengurangi inflamasi yang menyebabkan jerawat sebelum menstruasi.
  • Selenium
    Bersama dengan vitamin E berfungsi sebagai sistem imun yang dapat membantu memerangi infeksi.
  • Mengurangi gula dan makanan bertepung  dapat mengurangi jumlah jerawat dan whiteheads dalam 12 minggu (Journal of the American Academy of Dermatology). 
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat 
    Makanan yang banyak mengandung serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Di samping itu juga, sayur-sayuran dan buah-buahan dapat sebagai sumber penghasil vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh terutama kulit. Kecukupan vitamin dalam tubuh apat mencegah timbulnya jerawat.
  • Minum banyak-banyak air putih
    Disarankan minimal meminum air putih 8 gelas setiap atau setara dengan 2 liter air. Dengan banyaknya cairan yang ada di dalam tubuh, dapat mencegah dehidrasi (kehilangan cairan tubuh). Air di dalam tubuh berfungsi sebagi zat pengatur, sehingga apabila terpenuhinya kecukupan asupan air di dalam tubuh dapat membantu mengalirkan zat-zat racun keluar dari dalam tubuh melalui pori-pori yang ada diseluruh permukaan kulit terutama di sekitar wajah sehingga hal ini dapat mencegah timbulnya jerawat.
Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga:

    No comments:

    Post a Comment

    Kita jalin silaturrahmi dan persahabatan dengan mengisi kotak komentar meskipun sepatah dua patah kata...!!!