Empat hal untuk dicamkan dalam kehidupan;
(1) Berfikir jernih tanpa bergegas atau bingung, (2) Mencintai orang dengan tulus, (3) Bertindak dalam segala hal dengan motif termulia, (4) Percaya kepada Tuhan tanpa ragu sedikitpun (Helen Keller).

17 September 2011

Pemilihan Makanan yang Tepat untuk Berbagai Dekade Usia

Kesehatan tubuh manusia sangat dipengaruhi oleh gaya hidup orang yang bersangkutan. Gaya hidup disini lebih dititik beratkan pada pemilihan bahan makanan yang tepat dan bahan makanan yang tepat itu berbeda untuk setiap dekade usia. Bahan makanan orang yang berusia 20-an tahun tidak tepat diperuntukkan bagi nenek-nenek atau aki-aki yang berusia di atas 40-an tahun.

Makanan yang dianjurkan disini dalam artian bahwa jenis makanan tersebut paling tidak ada, terdapat dalam ransum makanan harian kita karena kandungan esensial dalam setiap bahan makanan tersebut sangat cocok, pas, dan tepat untuk usia tertentu.

Berikut ini beberapa makanan khas yang disarankan untuk setiap dekade usia.


Usia 20-an | Usia 30-an | Usia 40-an

Usia 20-an

Untuk sobat yang berusia sekitar dekade usia 20-an sangat penting untuk mengkonsumsi:
1.      Teh Hijau
Minum secangkir teh hijau setiap hari dapat memberikan sejumlah polyphenol yang terbukti dapat meningkatkan pertahanan kulit alami terhadap sinar UV. Selai itu dapat juga dengan mengoleskan sunscreen setiap hari pada kulit.

1.      Kayu Manis
Mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi maupun karbohidrat yang tinggi. Sangat dianjurkan menambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam sarapan terbukti dapat membantu menjaga kadar gula darah menjadi seimbang di dalam tubuh.

2.      Brokoli
Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan kalsium. Kalsium sangat dibutuhkan di dalam jaringan keras tubuh kita seperti tulang, gigi, kuku, dan rambut. Kebutuhan kalsium di dalam tubuh adalah 1000mg/hari dan berdasarkan penelitian WHO, di dalam ransum empat sehat lima sempurna hanya mengandung ±250mg dan kekurangannya ±750mg diambil dari jaringan tulang dan lama kelamaan dapat menyebabkan osteoporosis. Mulai dari sekarang kuatkan tulang sobat dengan mengkonsumsi brokoli dan susu juga penting.


Usia 30-an

Makanan yang penting dan tepat untuk sobat konsumsi jika usia sobat sekitar dekade ini adalah:
1.      Probiotik
Contoh makanan yang mengandung probiotik misalnya yoghurt. Zat probiotik ini dapat membantu mengurangi obesitas yang terjadi pada pacsa melahirkan. Jadi probiotik sangat tepat dikonsumsi oleh ibu-ibu yang baru saja habis melahirkan.

2.      Jamur Putih
Ternyata jamur putih mengandung banyak antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Pada jamur putih terdapat zat antioksidan ergothioneine yang berkhasiat untuk membersihkan toksin (racun) yang dapat menyebabkan penuaan yang berasal dari diet buruk, polusi dan stress. Dengan mengkonsumsi jamur putih pada usia ini dapat membantu sobat menunda kerut selama beberapa tahun. Efeknya tentunya adalah awet muda bo'.

3.      MISO
Mengkonsumsi satu cup MISO, sup jepang, berkhasiat untuk kulit karena dapat mencegah kulit kendur. Jadi miso ini berfungsi untuk mempertahankan elastisitas kulit sobat. Mungkin untuk ukuran kita orang Indonesia, miso relatif mahal. Boleh juga diganti dengan sup ala Indonesia, akan tetapi sup yang diperhitungkan kandungan zat gizinya oleh ahi gizi.


Usia 40-an

Makanan yang penting dan tepat untuk dikonsumsi oleh sobat yang berusia sekitar usia 40-an tahun adalah:
1.      Makanan Warna Ungu
Pada umur sekian disebut juga sebagai usia pertengahan. Pada usia ini mulai terjadi inflamasi yaitu bagian dari proses penuaan. Inflamasi membanjiri tubuh dengan radikal-radikal bebas yang dapat membunuh sel-sel kulit.
Untuk mengatasi hal ini sebaiknya sobat yang berusia dekade ini mengkonsumsi makanan yang berwarna ungu. Bahan makanan ungu ini mengandung zat warna ungu (anthocyanin) yang kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi inflamasi tadi sampai sebanyak ±27%.

Contoh makanan yang berwarna ungu misalnya: plum, buah anggur, blacberry, dll.

2.      Flaxseed
Flaxseed mengandung senyawa lignan. Zat ini terkandung dalam biji wijen yang juga mengandung antioksidan yang kuat sehingga tepat dikonsumsi oleh orang yang berusia 40-an tahun. Selain itu dapat juga ditaburkan pada buah, yogurt maupun pada smothie, tergantung pada selera sobat.

3.      Almond
Pada usia 40-an tahun, kadar hormon kenyang leptin menurun sehingga lebih rentan terhadap makan berlebihan. Pencegahannya adalah dengan menjaga berat badan tidak naik. Untuk menghindari kenaikan berat badan pada usia ini, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi almond karena dapat membantu mengendalikan nafsu makan.

Semoga bermanfaat...

Sumber: Majalah Aura






13 comments:

  1. Brokoli ya.. lom pernah makan,
    tapi ngomong-ngomong yang usia 30 kok ada dua ya... :-/

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya yang bermanfaat bagi kesehatan kita sob...follow sini juga sob no : 11

    ReplyDelete
  3. @cardiacku: trims atas kunjungannya. blognya bagus...

    ReplyDelete
  4. @DuniaPiyen: Lose control (udh diedit kok). trims sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  5. wah,, terima kasih banget nii atas tulisannya.
    salam sukses..

    ReplyDelete
  6. wah.. harus banyak makan jamur putih sama miso nih, thanks sharingnya :)

    ReplyDelete
  7. @yAhyA: Sama2, moga sukses juga buat agan

    @Allien 99:Dicoba aja gan, dibikin sup mantap tu...*_^

    ReplyDelete
  8. Trima ksih infonya mbak ella layla...
    berkunjung ke blog ku ya...
    tadi dah ku join blog ini...
    aku pengen jadi teman/partner..
    jangan lupa di follow..
    yuka-dwi-bantara.blogspot.com
    thanks ... :)

    ReplyDelete
  9. @Yuka Dwi Bantara: Trims mbak Yuka Dwi Bantara sudah berkunjung...blognya bagus banget.

    ReplyDelete
  10. Salam blogger..
    Posting yg bagus neng
    Lam kenal yo..

    ReplyDelete
  11. wah sayang usia 10an dan 1 an belum di posting ane tnggu ya,,,
    good info,,

    ReplyDelete
  12. @katils: *_^
    @muarra: Ya gan, sepertinya ada yang alfa ya (kurang),,,?! Trims atas masukannya n ditunggu di postingan berikutnya.

    ReplyDelete

Kita jalin silaturrahmi dan persahabatan dengan mengisi kotak komentar meskipun sepatah dua patah kata...!!!