Empat hal untuk dicamkan dalam kehidupan;
(1) Berfikir jernih tanpa bergegas atau bingung, (2) Mencintai orang dengan tulus, (3) Bertindak dalam segala hal dengan motif termulia, (4) Percaya kepada Tuhan tanpa ragu sedikitpun (Helen Keller).

13 September 2011

Panduan Makan Sehat - Rahasia Panjang Umur Ala Cina

Gak heran kalau rata-rata orang Cina memiliki umur yang panjang karena selalu menerapkan gaya hidup sehat terutama terlihat dalam pola makannya.

Mau tahu rahasianya ???

Nyok kita intip 15 panduan makan sehat ala Cina di bawah ini...!!!
 
1.      DO’A SEBELUM MAKAN
Membaca do’a dulu sebelum makan supaya apa yang sobat makan menjadi berkah. Masih inget khan do'a sebelum makan....???!

2.      MAKAN SECUKUPNYA
Konsumsi makanan sesuai dengan porsi dan dalam jumlah secukupnya saja sesuai kebutuhan tubuh karena kelebihan makanan dapat mengganggu metabolisme sistem pencernaan. Kelebihan makanan dapat menimbulkan penyakit dan berakibat toksik bagi tubuh.
Sssstt...konon katanya ne, hal ini dipercaya sebagai rahasia untuk panjang umur juga.


3.      MAKAN TERATUR
Puasa...!!!
Ya...puasa adalah salah satu contoh dari pola makan teratur karena waktu makan sudah ditentukan waktunya yaitu pada saat berbuka (setelah azan magrib), dan setelah waktu subuh tidak diperbolehkan makan (puasa) hingga tiba waktu berbuka lagi.
Contoh makan teratur dalam keadaan tidak berpuasa adalah 3x sehari yaitu sarapan pagi, makan siang dan makan malam dan masing-masing dengan waktu tertentu dan hal ini berlangsung setiap hari secara kontinu.
Makan sedikit akan tetapi dengan interval waktu yang teratur lebih baik ketimbang makan banyak tapi hanya sekali sehari. Makan teratur membuat tubuh berfungsi dengan ritme (irama) yang teratur.

4.      KONSUMSI MAKANAN RINGAN
Mengkonsumsi makanan ringan sehari dalam sepekan memberikan kesempatan istirahat kepada organ-organ penting yang berfungsi dalam sistem pencernaan seperti limpa dan pankreas.

5.      MAKANAN HANGAT yang BERGIZI
Makanan hangat yang bergizi sangat berpengaruh positif terhadap kesehatan pencernaan kita, seperti daging, kelapa, kopi, ginseng, bawang, dll. Asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang ya sob.

6.      HINDARI MAKANAN EKSTRIM
Makanan ekstrim maksudnya adalah makanan yang terlalu panas maupun makanan yang terlalu dingin. Makanan yang terlalu panas dapat merusak organ dan fungsi jantung sedangkan makanan yang terlalu dingin dapat menganggu hingga merusak fungsi organ limpa dan pankreas.

7.      MENJAGA KOMBINASI RASA SEIMBANG
Rasa manis, asam, asin, pedas, maupun pahit terdapat dalam konsentrasi (jumlah) yang semestinya. Terlalu manis dapat mengganggu fungsi limpa. Terlalu asam dapat merusak livar. Terlalu asin dapat merusak organ ginjal. Terlalu pedas dapat merusak kolon. Sedangkan terlalu pahit dapat merusak jantung dan usus halus.

8.      MEMBATASI KONSUMSI PRODUK SUSU
Kelebihan mengkonsumsi produk yang mengandung susu seperti keju maupun susu dapat menyumbat limpa, liver dan paru, menyebabkan wajah sembab dan menimbulkan dahak yang berlebihan dalam sistem tubuh.

Buah maupun sayur yang berwarna kuning atau oranye dapat membantu proses pencernaan. Warna kuning atau oranye berkaitan dengan limpa.

10.  BUDAYA MENGUKUS SAYURAN HIJAU
Mengolah sayuran dengan mengukus sebagai upaya untuk mempertahankan zat-zat penting di dalam sayuran tersebut karena zat-zat tersebut sangat dibutuhkan sebagai zat detoksifikasi untuk liver.

11.  KONSUMSI DAGING PORSI KECIL
Konsumsi daging tetap diperlukan dalam diet makanan karena memberikan kontribusi sumber protein dalam tubuh tetapi dibutuhkan dalam porsi yang kecil untuk memberikan nutrisi pada sum-sum tulang dan menjaga kualitas kesehatan darah.

12.   MAKAN dengan SIKAP POSITIF (FOKUS)
Tubuh memerlukan makan untuk melakukan fungsi kerjanya dan didalam tubuh terdapat jiwa. Untuk mendapatkan tubuh serta jiwa yang sehat diperlukan makan makanan yang bergizi dan dinikmati dengan sikap positif. Kegiatan makan harus dilakukan dengan fokus dan sikap positif, artinya tidak dikerjakan sambil menonton tv, baca buku, main game, dll.

13.   MAKAN dengan SANTAI
Kegiatan makan harus dilakukan dalam keadaan yang santai, tenang, dan rileks. Makan dalam keadaan yang kacau seperti sambil jalan, marah-marah, dan stress kurang baik untuk tubuh karena dapat menyebabkan chi naik dalam tubuh.

14.   MAKAN dengan PERLAHAN
Makan secara perlahan-lahan dan mengunyah sampai halus (baru kemudian ditelan) adalah sangat baik untuk sistem pencernaan karena hal ini dapat memaksimalkan absorpsi enzim dalam usus halus.

15.   JALAN-JALAN  setelah MAKAN
Hal ini sangat dianjurkan karena dapat menstimulir aliran chi dan darah. Menurut kepercayaan bangsa cina, jalan 100 langkah seusai makan dapat memperpanjang usia-hidup sampai usia 99 tahun.

Sobat mau panjang umur ?
Sobat kudu lakuin hal-hal di atas dong...!!!

Tapi,,,

umur panjang tanpa disertai dengan ibadah yang berkualitas gak ada gunanya sob...

karena pada hakekatnya kita diciptakan oleh Allah SwT seyogyanya adalah untuk beribadah kepada-NYA.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Kita jalin silaturrahmi dan persahabatan dengan mengisi kotak komentar meskipun sepatah dua patah kata...!!!