Empat hal untuk dicamkan dalam kehidupan;
(1) Berfikir jernih tanpa bergegas atau bingung, (2) Mencintai orang dengan tulus, (3) Bertindak dalam segala hal dengan motif termulia, (4) Percaya kepada Tuhan tanpa ragu sedikitpun (Helen Keller).

17 September 2011

Rahasia Awet Muda


Info yang akan saya share pada kali ini adalah tentang rahasia awet muda.
Meskipun tante Ina tetangga depan rumah saya sudah berusia 50-an tahun, tak tampak usia yang sebenarnya dari garis wajahnya. Dengan 4 anak yang sudah berusia remaja, terlihat sekali kalau tante Ina memiliki kulit yang bagus, sehat, mulus dan terlihat kencang sekali. Padahal tante Ina kulitnya sawo matang (tidak putih) tapi cantik banget saya lihat. Apa rahasianya ya ???

Mungkin artikel ini sedikit tidak dapat mengungkapkan rahasia awet muda tetangga saya ini.

Para ahli kesehatan dan kecantikan baru-baru ini menemukan struktur kecil yang dianggap bertanggung jawab terhadap penuaan sel-sel di dalam tubuh mahluk hidup. Struktur kecil ini disebut sebagai telomere. Struktur ajaib ini sebenarnya merupakan ujung protektif (pelindung) dari DNA (pada gambar berwarna biru). Setiap kali sel-sel di dalam tubuh membelah diri, telomere ini akan menjadi lebih pendek sedikit demi sedikit sampai akhirnya habis dan lenyap sama sekali.

Semakin panjang telomere di dalam sel-sel, maka sobat akan selalu tampak muda dan pasti juga merasa lebih muda. Dalam kondisi seperti ini dapat meningkatkan kepercayaan diri sobat (confidence). Sebaliknya, dengan adanya pengurangan dari panjang telomere akan berakibat setiap sel di dalam tubuh sobat menjadi tua. Sel yang tua akan mengalami kerusakan dan kerusakan sel-sel pada kulit sobat menyebabkan kulit kerut dan kendur.

Dengan mencegah proses kerusakan (penuaan) ini pada tingkat sel merupakan pilihan dan tindakan yang tepat sobat lakukan karena dapat membantu membuat sobat tampak awet muda....

Berdasarkan riset yang ditemukan oleh para ahli pada bulan Juni 2010, ditemukan bahwa perempuan yang mengkonsumsi multivitamin memiliki telomere yang lebih panjang apabila dibandingkan dengan perempuan yang tidak meminum multivitamin. Selain itu, harus didukung oleh sikap psikis sobat untuk tetap bersikap rileks dalam berbagai kondisi.

Sebuah studi juga menemukan bahwa perempuan yang mempunyai kadar stress yang tinggi mempunyai telomere yang pendek, tubuh mereka secara keseluruhan akan terlihat 10 tahun lebih tua dari usia mereka yang sebenarnya... Oh no..., jangan sampai deh ini menimpa sobat.

Lebih lanjut lagi, selain cara diatas, cara termudah untuk memerangi proses penuaan dan memperbaiki tampilan kulit sobat adalah dengan mengubah diet (pola makan) sobat.
Selain itu, sejak lama diketahui bahwa zat antioksidan bersifat dapat meremajakan sel-sel tubuh. Dengan demikian, secara tidak langsung antioksidan juga sangat berperanan penting dalam membantu mengawetkan panjang telomere tersebut.

Untuk mencegah penuaan sel tubuh, para ahli kesehatan dan kecantikan juga menganjurkan mengkonsumsi makanan tertentu. Mengkonsumsi makanan yang tepat selama dua minggu dapat membuat kulit wajah sobat tampak lebih baik dan akan terlihat lebih muda dari usia yang sebenarnya. Asupan makanan yang rendah lemak pada makanan pun dapat menurunkan berat badan sobat.

Semoga bermanfaat.

Sumber: majalah aura





No comments:

Post a Comment

Kita jalin silaturrahmi dan persahabatan dengan mengisi kotak komentar meskipun sepatah dua patah kata...!!!