Empat hal untuk dicamkan dalam kehidupan;
(1) Berfikir jernih tanpa bergegas atau bingung, (2) Mencintai orang dengan tulus, (3) Bertindak dalam segala hal dengan motif termulia, (4) Percaya kepada Tuhan tanpa ragu sedikitpun (Helen Keller).

03 August 2011

strategi cepat khatam Al-Qur'an



Membaca Al-Quran merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan di bulan suci Ramadhan. Tapi jangan salah,,,bukan di bulan Ramadhan saja, alangkah lebih baik apabila kita bisa mengaplikasikannya di keseharian kita. Kalau Al-Qur'annya cuma diplototin saja, ya gak mungkinlah bisa khatam, bahkan mungkin malas untuk membukanya. Tapi mudah-mudahan dengan strategi yang akan saya share bisa memotivasi sobat untuk cepat khatam al-Qur'an.

Mengingat bunyi sms dari temen beberapa hari yang lalu menjelang masuknya bulan puasa Ramadhan tentang strategi cepat khatam Al-Qur'an, saya menjadi untuk berbagi dengan menuangkannya di halaman blog saya. Strategi yang saya maksud disini adalah bagaimana cara mensiasati supaya sobat semua bisa cepat khatam A-Qur'an minimal satu kali khatam saja dan tidak menutup kemungkinan bisa lebih dari itu di bulan suci ini.

Kembali ke sms temen saya itu, strategi yang dia share ke saya tidak persis sama dengan yang akan saya bagi ke sobat karena jumlah halaman Al-Qur'an yang dia ceritakan tidak sama dengan jumlah halaman Al-Qur'an kepunyaan saya. Al-Qur'annya seperti apa dan setebal apa saya juga peris. Jadi disini tergantung jumlah halaman Al-qur'an yang sobat gunakan.

Selesai sholat Ashar saat itu, kalau gak salah hari Sabtu sore (dua hari jelang puasa), saya ambil Al-Quran yang berukuran 27 cm x 19 cm x 2 cm di mushalla rumah saya. Saya teliti jumlah halamannya, sebanyak 485 halaman.

Ada tiga paket yang ditawarkan (emangnya dagangan...ngawur aja...get focus okay...dimaklumi aja postingan ini diedit sembari menanti waktu makan sahur ).
  • Paket 1
    Asumsi membaca Al-Qur'an per hari yaitu 485 halaman Al-Qur'an  dibagi dengan 30 sejumlah hari di bulan Ramadhan (diumpamakan puasa lengkap, gak ada yang ketinggalan/berhalangan), hasilnya 16,167. Pembulatan membaca Al-Quran harian menjadi 16 lembar per hari. (Kayaknya masih banyak yea...?!). Coba deh dengan paket 2.
  • Paket 2
    Dalam sehari semalam terdapat lima waktu sholat wajib, 16 lembar dibagi 5 sama dengan 3,2 (pembulatan membaca Al-Qur'an sehabis sholat wajib lima waktu adalah 3 lembar Al-Qur'an). 
    Waaaaahhhhh...paket 2 semakin menarik dan ringan saja kan ?!
  • Paket 3
    Apabila diaplikasikan membaca Al-Qur'an setelah shalat-shalat sunnah yang lain misalnya sehabis shalat sunnah dhuha ataupun setelah qiyamullail (shalat malam), pasti sobat akan semakin ringan dan cepat khatam Al-Qur'annya.

    Kudu di praktikkin neh... Ayo ayo ayo...sobat pilih paket yang mana ?! Paket 1, Paket 2, atau Paket 3 ???
    Tiap paket ada doorprizenya diskon pahala "gede-gedean" jika dilakukan karena Allah Ta'ala... , jangan seperti ilustrasi di bawah ini yea...!!!

"Si Fulan menyelesaikan membaca novel dwilogi "Ayat-Ayat Cinta" atau pun KCB 1 dan KCB 2 karya Habiburrahman El Shirazy dalam jangka waktu yang relatif pendek banget, dua hari selesai kata si Jessy tetanggaku. Hebaaaaaaat...tapi kok membuka dan membaca Al-Qur'an malesnya minta ampun...
﴿ ﻧﻌﻭﺫﺏﺍﻠﻠﻪﻣﻥﺫﻠﮑﺎ

Berburu pahala Ramadhan yooookkk dengan membaca Al-Qur'an...
Ayo kita menggaungkan firman-firman Allah dengan sama-sama membaca Al-Qur'an...!!!

Semoga bermanfaat.


Baca juga :

No comments:

Post a Comment

Kita jalin silaturrahmi dan persahabatan dengan mengisi kotak komentar meskipun sepatah dua patah kata...!!!