Empat hal untuk dicamkan dalam kehidupan;
(1) Berfikir jernih tanpa bergegas atau bingung, (2) Mencintai orang dengan tulus, (3) Bertindak dalam segala hal dengan motif termulia, (4) Percaya kepada Tuhan tanpa ragu sedikitpun (Helen Keller).

30 July 2011

tips tampil cantik di bulan Ramadhan



Telah sepatutnya kita bersyukur mengucapkan "Alhamdulillahirabbil alamiin" bahwasanya Insyaallah kita akan dipertemukan kembali dengan bulan berkah, bulan yang penuh rahmat, bulan magfiroh, bulan seribu bulan, yaitu bulan Suci Ramadhan...Marhaban Ya Ramadhan....!!!

Seperti yang kita ketahui bahwa semua umat Islam diwajibkan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Puasa artinya menahan makan, minum dan segala yang membatalkannya dan waktunya ditentukan mulai dari terbit fajar (subuh) hingga tenggelamnya matahari (waktu magrib).

Kewajiban melaksanakan puasa ini sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 183.


ﯿﺂاﯿﻬﺎاﻟﺫﻳﻥﻣﻧﻭاﮐﺗﺏﻋﻟﻳﮑﻡاﻟﺻﻳﺎﻡ ﮐﻣﺎﮐﺗﺏﻋﻟﯽاﻟﺫﻳﻥﻣنﻗﺑﻟﮑﻡﻟﻌﻟﮑﻡﺗﺗﻗﻭن. ﴿اﻟﺑﮑﺭﺓ : ١٨٣﴾
 
Artinya:

"Hai sekalian orang yang percaya kepada Allah, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana yang telah diwajibkan atas orang-orang yang terdahulu (sebelum kamu), mudah-mudahan kamu bertakwa."
 (QS. Al-Baqarah : 183)

(,,,yang ngerasa muslim kudu wajib puasa lho...jangan sampe enggak ya , ingat tu firman Allah di atas.)

Pada bulan puasa (Ramadhan), banyak sekali tantangannya, terutama datang dari si om yang satu ini ne ,,, kadar keimanan kita diuji dengan berpuasa menahan rasa haus dan dahaga. Artinya selama kita sedang melakukan kegiatan puasa tersebut, kulit kita juga akan merasakan dahaga yang disebabkan oleh berkurangnya asupan/cairan yang masuk ke dalam tubuh kita. Kekurangan cairan tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, yang dapat juga disertai dengan pecah-pecahnya area di sekitar bibir. Waaaaahhh...bisa jadi bikin tambah gak PD kan... ....?!

Tentunya, selain memperoleh pahala berlipat ganda mengerjakan ibadah puasa, kita juga ingin selalu tampil cantik, fresh dan prima bukan ????!! Bukan hanya cantik di luar saja, akan tetapi cantik dari dalam juga. Bahasa kerennya "Inner beauty".

...makanya sedari itu saya ingin berbagi tips yang dapat kita lakukan selama menjalankan ibadah puasa sebagai upaya dalam menjaga kelembaban kulit kita.
  1. Meminum air putih minimal 8 gelas pada malam hari agar kadar cairan dalam tubuh tercukupi.
  2. Memperbanyak mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan karena kandungan vitaminnya dapat menjaga kelembaban kulit dan membantu menjaga kesegaran tubuh (kulit) sehingga kulit terlihat lebih segar, sehat dan cantik.
  3. Mengurangi aktivitas yang dapat menguras energi berlebihan karena dapat menyebabkan kelelahan dan dehidrasi berlebihan.
  4. Menghindari kontak langsung dengan matahari karena dapat merangsang keluarnya keringat sehingga terjadi dehidrasi.
  5. Mengurangi aktivitas bukan berarti tidak boleh melakukan olahraga. Olahraga tetap dianjurkan agar tubuh tetap sehat dan prima, akan tetapi dalam proporsi dan gerakan yang ringan-ringan saja.
  6. Menghindari penggunaan pakaian yang sintesis karena tidak dapat melepas panas, menyebabkan mudah berkeringat.
  7. Tidak disarankan mandi dengan air yang terlalu panas karena hal ini dapat mengakibatkan kulit menjadi kering.
  8. Mengkonsumsi suplemen multivitamin untuk memenuhi kekurangan asupan vitamin dalam diet makanan.
  9. Mempergunakan hand & body lotion (pelembab kulit) yang mengandung moisturaizing sehabis mandi karena pemberian lotion pada kulit dalam keadaan lembab terjadi penyerapan yang sempurna. Ooo ya jangan lupa juga memberikan perlindungan pada bibir dengan menggunakan pelembab bibir. Tujuannya untuk menghindari kekeringan pada bibir yang dapat menyebabkan pecah-pecah.
Hmmm...ternyata untuk tetep tampil cantik luar dalam di bulan Ramadhan gak sulit ya... semoga kita semua diberikan keimanan dan kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa nanti. Amiin...!!!

Semoga bermanfaat...

    No comments:

    Post a Comment

    Kita jalin silaturrahmi dan persahabatan dengan mengisi kotak komentar meskipun sepatah dua patah kata...!!!