Empat hal untuk dicamkan dalam kehidupan;
(1) Berfikir jernih tanpa bergegas atau bingung, (2) Mencintai orang dengan tulus, (3) Bertindak dalam segala hal dengan motif termulia, (4) Percaya kepada Tuhan tanpa ragu sedikitpun (Helen Keller).

01 August 2011

penetapan awal puasa Ramadhan



Syahri Ramadhan atau lebih dikenal dengan bulan Ramadhan merupakan bulan ke-9 dalam tanggalan Islam di tahun Hijriyah, setelah bulan Sya'ban. Oleh umat Islam, bulan Ramadhan sering pula disebut sebagai bulan suci Ramadhan karena pada bulan ini merupakan bulan penyucian kembali ke fitrah kita yang diumpamakan seperti bayi yang baru lahir, polos tanpa dosa. Itulah sebabnya mengapa bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti-nanti oleh semua umat muslim di seluruh penjuru dunia tanpa kecuali.

Sebagai bulan yang istimewa, oleh pemerintah khususnya jajaran Kementerian Agama RI yang dipimpin langsung oleh Bapak Suryadharma Ali selaku Menteri Agama Islam melaksanakan Sidang Itsbat yaitu sidang penetapan tanggal 1 Ramadhan pada Ahad sore tanggal 31 Juli 2011 Miladiyah yang bertempat di Operation Room Kementerian Agama, Jakarta.

Dalam sidang tersebut, Bapak Menteri memaparkan proses penetapan awal Ramadhan yang melibatkan berbagai unsur. Kementerian Agama RI memerintahkan semua kantor wilayah dan kantor kementerian agama kabupaten kota di seluruh Indonesia untuk melaksanakan Rukyatul Hilal (proses pengamatan bulan baru). Dalam melaksanakan rukyatul hilal tersebut, kementerian agama tingkat daerah melibatkan pengadilan agama, mahkamah syari'ah, instansi terkait, ormas islam dan tokoh masyarakat setempat untuk melaksanakan pengamatan hilal di tempat-tempat tertentu yang strategis di berbagai wilayah Indonesia.

Berdasarkan laporan dari Direktur Badan Hisab rukyat (Ahmad Jauhari, M.Si) dan dari pertimbangan para ulama, Bapak Menteri Agama Suryadharma Ali memutuskan dan menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1432 Hijriyah jatuh pada hari Senin tanggal 1 Agustus 2011 dengan Surat Keputusan Menteri Agama No. 125 Tahun 2011 yang ditandatangani pada hari Ahad tanggal 31 Juli 2011.

Jadi dong ya,,,mulai hari ini kita bisa panen pahala deh...

...semoga semua amal ibadah kita di bulan suci ini dicatat dan diterima sebagai amal sholeh oleh Allah SWT...dan semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kekuatan iman dalam menjalani hari-hari berikutnya sehingga dipertemukan kembali dengan perayaan kemenangan Idul Fitri 1432 H nantinya...amin ya rabbal aalamiin..!!!
Semoga bermanfaat...

Baca juga: tips tampil cantik di bulan Ramadhan

No comments:

Post a Comment

Kita jalin silaturrahmi dan persahabatan dengan mengisi kotak komentar meskipun sepatah dua patah kata...!!!