Empat hal untuk dicamkan dalam kehidupan;
(1) Berfikir jernih tanpa bergegas atau bingung, (2) Mencintai orang dengan tulus, (3) Bertindak dalam segala hal dengan motif termulia, (4) Percaya kepada Tuhan tanpa ragu sedikitpun (Helen Keller).

01 January 2011

Beberapa Alternatif Mengobati Jerawat


 (Artikel ini adalah edisi revisi dari judul sebelumnya "Alternatif Mengobati Jerawat", karena ada beberapa perbaikan).

Tentunya sobat sebel khan kalo tamu tak diundang ini (jerawat) datang lagi, lagi, lagi, dan lagi di kehidupan kita, tepatnya di wajah sobat. Apalagi kalo kedatangannya pada saat-saat sobat akan menghadapi atau pun pergi menghadiri suatu acara yang notabenenya bakalan ketemu dengan orang banyak. Jadi minder khan?!

Nah....buat sobat yang punya masalah kedatangan jerawat, di bawah ini ada beberapa alternatif yang bisa sobat lakukan untuk menangani jerawat yang sudah muncul. Dan untuk sobat yang biasanya berjerawat dan sedang tidak berjerawat, kudu mencegah jerawat supaya gak nongol lagi.

Apabila jerawat sudah muncul di wajah sobat, sobat tidak perlu menghabiskan bajet (biaya) besar untuk menangani masalah tersebut karena alternatif pengobatannya dapat kita temukan dengan mudah dan sangat murah di sekitar kita dengan memanfaatkan bahan-bahan rumah tangga seperti obat-obatan, produk pembersih maupun produk kecantikan.

Bahan-bahan rumah tangga yang dapat sobat jadikan alternatif mengobati jerawat seperti:


Obat tetes mata

Banyak yang tidak menyangka bukan?...kalau ternyata obat tetes mata yang sering kita gunakan hanya apabila mata kemasukan debu atau benda lain dan atau apabila kita merasa ada sesuatu kelainan yang terjadi pada mata kita dapat dijadikan sebagai obat jerawat. Kok bisa ya?!

Ya bisa aja.

Ternyata obat tetes mata bisa juga digunakan sebagai obat jerawat.

Ini neh Caranya: sobat teteskan obat mata tersebut pada cotton bud kemudian sobat usapkan pelan-pelan tepat pada jerawat. Hal ini harus sobat lakukan dalam keadaan wajah sudah dibersihkan sebelumnya dengan pembersih wajah !
Untuk sobat perhatikan, pemilihan obat tetes mata tidak sembarang obat tetes mata lho. Sobat pilih obat tetes mata yang mengandung tetrahydrozoline hydrochloride. Tetrahydrozoline hydrochloride merupakan zat kimia yang dapat mengerutkan pembuluh-pembuluh darah untuk mengatasi mata merah sehingga membuat jerawat kurang kentara.


Pasta gigi

Pasta gigi yang yang dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita sebut sebagai odol dapat juga digunakan sebagai obat jerawat. Akan tetapi tidak semua jenis pasta gigi dapat digunakan. Pasta gigi yang direkomendasikan adalah pasta gigi yang berwarna putih (tidak memandang merk yang penting berwarna putih), bukan pasta gigi yang bentuk jelly.
Caranya: pasta gigi sobat oleskan pada daerah yang berjerawat pada malam hari dan biarkan kering sampai pagi. Penggunaan pasta gigi membuat jerawat cepat kering dan menyerap minyak sehingga memperkecil kesempatan jerawat untuk berkembang. Namun, metode ini tidak harus dilakukan jika sobat memiliki kulit sensitif, karena bisa menyebabkan iritasi pada jerawat sobat.

Saya kasi bocoran yaw.
Ternyata cara ini merupakan salah satu dari rahasia kecantikan bintang Hollywood Jennifer Love Hewitt setiap kali mengalami masalah jerawat.


Aspirin

Sobat tau aspirin bukan?
Aspirin adalah salah satu jenis obat penghilang rasa sakit. Aspirin ternyata tidak hanya digunakan untuk menghilangkan rasa sakit, tapi juga untuk mencegah jerawat menjadi parah.

Caranya: Sobat ambillah satu tablet aspirin dan sobat hancurkan sampai halus  kemudian larutkan dengan air  secukupnya. Aduk sampai kental. Sobat sapukan cairan aspirin kental tersebut pada bagian wajah yang berjerawat selama 15 sampai 30 menit. Setelah kering, sobat bersihkan wajah dengan air.

Sama halnya dengan obat tetes mata, penggunaan aspirin pada jerawat dapat mengurangi warna kemerahan pada jerawat sobat dan juga dapat mengurangi rasa sakit yang terasa sebagai akibat dari pembengkakan pada jerawat.


Garam dan minyak zaitun

Caranya: Buatlah ramuan dengan mencampur empat sendok makan garam halus dan tiga sendok makan minyak zaitun. Sobat oleskan campuran tersebut pada wajah dengan menggunakan kuas atau jari yang bersih. Biarkan selama tiga sampai lima menit, kemudian sobat bilas dengan air hangat dan sabun.
Perawatan dengan menggunakan cara ini sebaiknya sobat lakukan dua atau tiga kali seminggu. Karena penggunaan garam dapat berfungsi sebagai eksfoliasi (scrub) pada wajah. Eksfoliasi tidak dianjurkan terlalu sering karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah sobat.
Garam dapat berfungsi sebagai eksfoliasi karena dapat membersihkan kotoran yang yang menempel dan menyumbat pori-pori kulit wajah sobat dan kandungan mineral dari garam membuat kulit lebih terlihat lebih sehat. Sedangkan minyak zaitun dapat mengembalikan kelembaban alami kulit.

Warning! Perhatikan perubahan yang terjadi pada kulit wajah sobat selama beberapa kali pemakaian. Jika terjadi iritasi, sobat hentikan cara ini dan segera konsultasikan ke dokter spesialis kecantikan.


Lipstik

Selain mempercantik penampilan (bibir), lipstik juga dapat digunakan sebagai obat jerawat dan hal ini sering saya praktikkan.


Caranya: Sobat oleskan lipstik tepat di atas jerawat hingga menutupi area jerawat. Pergunakanlah cara ini pada malam hari sebelum sobat tidur.

Entah karena kandungannya apa?..saya sendiri tidak terlalu mengetahuinya, lipstik dapat mempercepat pematangan jerawat sehingga jerawat lebih cepat tua dan pecah.

Disarankan menggunakan lipstik yang mengandung minyak pelembab sehingga memberikan kelembaban kulit yang tertutupi oleh lipstik.

Hmmmm..kudu dipraktikkan ya supaya sobat tau hasilnya. Barangkali salah satu alternatif yang saya share disini bisa cocok dengan sobat sehingga jika suatu hari jerawat itu muncul lagi, sobat masih bisa tetep ...
(don't worry be happy ...setiap masalah pasti ada solusinya).

Sobat kudu ingat,,,mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. @NEOpulsagram: Sama2 gan, trims sudah berkunjung... *_^

    ReplyDelete
  2. ibu saya jg blg lipstick bs nymbhkn jerwat..dn sy cba berhasil.tks fyi;)

    ReplyDelete

Kita jalin silaturrahmi dan persahabatan dengan mengisi kotak komentar meskipun sepatah dua patah kata...!!!